PENGEMBANGAN LKS BERDASARKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.897Keywords:
Pengembangan, LKS Berdasarkan Masalah Kontekstual, Operasi Hitung Bentuk AljabarAbstract
Berdasarkan hasil penelitian terhadap kesulitan yang dihadapi oleh guru matematika dan siswa di tingkat SMP, pemahaman yang rendah dari siswa tentang operasi hitung bentuk aljabar dikarenakan siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan pengetahuan tersebut dimanfaatkan dalam kehidupan nyata. Penggunaan perangkat pembelajaran yang berdasarkan masalah kontekstual akan sangat membantu siswa. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Developmepment dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengembangan ini dimaksudkan untuk mengetahui kevalidan (yang dihasilkan dari hasil validasi) dan keefektifan (yang dihasilkan dari hasil angket dan nilai siswa). Dari hasil penelitian dapat dikatakan valid karena diperoleh hasil validasi oleh ahli materi dan ahli desain pembelajaran yaitu 87,05%, dan efektif karena angket siswa sebesar 85,93%, dan nilai tes evaluasi dari 8 siswa telah mencapai nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70.References
Chaer, A. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, N. W., & Mayangsari, S. N. (2017a). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung pada pecahan, 4(1), 1–7.
Damayanti, N. W., & Mayangsari, S. N. (2017b). Konstruksi Rumus Luas Lingkaran Berbasis Media Manipulatif dengan Setting Pembelajaran Kooperatif, 3(2), 117–124.
Masnur, M. (2008). Pengembangan LKS Berdasarkan Masalah Kontekstual Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Pendidikan Nasional.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Rusdi. (2008). Pengertian, Tujuan, Implikasi dan Langkah-Langkah Penelitian. Jogjakarta: Power Books.
Sarwiji, S. (2008). Semantik Pengantar Kajian Makna. Jogjakarta: Media Perkasa.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.





