PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN WEBSITE BLOGSPOT PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.937Keywords:
hasil belajar, CIRC, metodologi penelitian pendidikan fisikaAbstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan Pembelajaran CIRC Berbantuan Website Blogspot pada mata kuliah metodologi penelitian pendidikan fisika. Metode penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan one group pre-test post-test design. Hasil Penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah Pembelajaran CIRC Berbantuan Website Blogspot yaitu rata-rata pre-test 14,00, rata-rata post-test 67,44 dan rata-rata N-Gain 0,62, kategori sedang. Uji perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiswa sebelum dan setelah Pembelajaran CIRC Berbantuan Website Blogspot dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai pre-test dan post-test pada penerapan Penerapan Pembelajaran CIRC Berbantuan Website Blogspot.References
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.
BM, S. M. 2015. penerapan pembelajaran fisika berbasis e-learning pada materi pokok fluida statis. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2).
Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.
Hanum, N. S. 2013. Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jenisa, K., & Lubis, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Educational Building, 2(1).
Kusmana, A. 2017. E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51.
Madhu, G & Jyoti, A. 2014. Cooperative Integrated Reading Composition (Circ): Impact On Reading Comprehension Achievement In English Among Seventh Graders. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 2(5), 37-46 .
Putranto, E. P. (2010). Penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe circ berbantuan moduluntuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas VIIIA MTS N 1 gemolong tahun ajaran 2009/2010 (Doctoral dissertation,Universitas Sebelas Maret).
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Wijaya, M. (2012). Pengembangan model pembelajaran e-learning berbasis web dengan prinsip e-Pedagogy dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, 11(19), 20-27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.





